Contoh Teks Eksemplum Terbaik

Contoh Teks Eksemplum Terbaik – Contoh teks dalam bahasa Indonesia memiliki beragam jenis, misalnya contoh teks narasi, contoh teks eksemplum, contoh teks deskriptif dan masih banyak lagi. Namun kali ini saya akan membagikan conoh teks ekseplum terbaik. Namun sebelumnya saya akan membahas mengenai apa itu teks eksemplum. Jenis tesk ini mungkin sering kita dengar bahkan kita jumpai dlam kehidupan sehari hari. Namun kita tiak mengetahuinyakerna belum mengetahui maknanya. Didalam jenis teks eksemplum terdapat pengertian teks eksemplum, ciri teks eksemplum, struktur teks eksemplum maupun contohnya. Untuk lebih jelasya dapat ada simak dibawah ini.

Contoh Teks Eksemplum Terbaik

Dalam contoh teks eksemplum terdapat pengertian yang harus anda ketahui. Teks eksemplum merupakan jenis teks yang menceritakan perilaku tokoh yang terdapat dalam cerita. Cerit tersebut diawali dengan perkenaln contoh cerita. Setelah perkenalan dilanjutkan dengn peristiwa yang terjadi kemudian dikhir cerita terdapat perbaikan diri dalam diri tokoh akibat kejadian yang ia alami. Teks eksemplum juga memili ciri ciri yang membedakannya dengan jenis teks lain. Teks ini memiliki ciri ciri yaitu terdapat nuansa naratif, berisi tentang cerita pengalaman pribadi seseorang, berisi tentang kejadian yang tidak terduga oleh tokoh, berisi urutan perisitiwa yang jelas, dan terjadi perubahan sikap tokoh agar tidak mengalami peristiwa yang sama.

Dalam pembuatan contoh teks eksemplum harus memperhatikan struktur teksnya. Adapun strukturnya yang meliputi abstrak tentang inti dari sebuah cerita yang didalamnya terdapat pengantar cerita mengenai kejadian yang dialami tokoh. Adapula struktur orientasi yang menggambarkan bagian awal cerita tentang pengenalan tokoh. Selanjtnya terdapat struktur insiden yang berisi tentang peristwa yang dialami tokoh cerita, namun perisitiwa ini masalah yang sedang dialami dengan tak terduga. Lalu ada struktur interpretasi yang berisi pesan moral dan pernbaikan diri dari sikap tokoh . Yang terakhir terdapat koda sebagai penutup dari cerita tersebut.

Contoh teks eksemplum dapat berupa pengalaman pribdi. Contoh teks eksemplum ini memiliki judul jangan bahasa inggris. Saya tidak begitu paham dengan pelajarn bahasa inggris kemudian dihadapkan dengan soal soal bahs inggris yang begitu rumit. Walaupun begitu saya mempunyai keluarga yang perhatian dan menginginkan anaknnya pandai dan sukses nantinya. Namun saya termasuk anak yang nakal dan tidak menyukai belajar. Alhasil nilai raporpun minim dn bahkan jelek. Karena hal ini saya harus memperbaikinya dan belajat sungguh sungguh untuk membanggakan orang tua.