Waduk Sermo Adalah Sebuah Keindahan Tersembunyi di Bukit Menoreh

Untuk warga jogjakarta terutama daerah kulon progo tentunya sudah tidak asing lagi dengan waduk yang berada di perbukitan menoreh ini. Waduk buatan ini dahulu diresmikan oleh bapak presiden Soeharto. Waduk sermo menjadi favorit bagi yang hobi memancing karena di waduk sermo ini banyak dihuni oleh ikan nila, tombro, gurame serta ikan red devil.

waduk sermo kulon progo

Terletak di bagian atas perbukitan menoreh yang secara langsung berbatasan dengan hutan suaka marga satwa sermo, membuat pemandangan di waduk buatan ini semakin asri dan hijau. Sebelum memasuki kawasan waduk sermo, anda akan melewati sebuah hutan kecil yang sering dimanfaatkan untuk hunting foto dan foto prewedding.

Lokasi dan rute menuju ke waduk sermo

Waduk sermo ini secara administratif terletak di desa Hargowilis, kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Untuk mengunjungi waduk buatan ini tidaklah terlalu sulit untuk dicapai karena dari kota Wates menuju waduk sermo ini hanya terdapat satu jalur saja serta jalanannya pun sudah beraspal mulus.

Rute paling mudah menuju ke waduk sermo adalah melalui jalan wates. Dari arah kota jogjakarta, ikuti jalan wates menuju ke arah barat. Ikuti saja jalurnya sampai bertemu patung kuda, kemudian ambil kanan yang menuju ke arah alun-alun kota wates. Selanjutnya ke arah barat alun-alun yang menuju waduk sermo. Jarak dari kota jogjakarta menuju ke waduk sermo sekitar 35 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Fasilitas yang tersedia di waduk sermo

Untuk fasilitas yang disediakan di waduk sermo sudah lumayan lengkap meskipun fasilitas tersebut sedikit kurang terurus. Toilet serta kamar mandi sudah tersedia, serta villa dan area untuk outbond juga sudah disediakan oleh Pemerintah setempat untuk menambah kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke waduk sermo.

Selain fasilitas tersebut diatas, di waduk buatan ini juga tersedia wahana perahu di dermaga waduk. Wahana perahu ini bisa wisatawan gunakan untuk mengelilingi waduk. Kedepannya wahana perahu ini akan ditambah speed boat.

Selepas lelah berkeliling waduk sermo, anda pastinya akan merasa lapar bukan? di sini juga sudah tersedia restoran gendhis resto yang menyediakan menu ikan tawar dengan pemandangan waduk sermo yang elok.

Waduk sermo sebagai jalur wisata

Waduk sermo merupakan salah satu jalur untuk menuju ke desa wisata kalibiru, puncak dipowono dan gunung gajah. Jadi bila kamu berencana untuk berkunjung ke waduk sermo, tidak ada salahnya bila sekalian mampir ke wisata kalibiru, puncak dipowono dan gunung gajah ya. Pemandangannya disana juga ga kalah keren kok.

Setiap bulan sekali di waduk sermo ini digelar pertunjukkan kesenian daerah berupa tari jathilan.