Mengenal Apa Itu Microsoft SharePoint


Microsoft Sharepoint adalah produk Microsoft yang dapat digunakan sebagai media berbagi informasi (sharing point). Tujuannya adalah mendekatkan proses berbagi informasi (dengan menggunakan web) – ke pengguna yang melakukan bisnis (business user).

Sebelumnya timbulnya MS Sharepoint, untuk membuat satu situs yang dipakai dalam sistem usaha ; diperlukan peranan seseorang Sistem Administrator. Sistem Administrator juga akan lakukan sistem persiapan situs, implementasi, pembuatan isi serta pengisian data.
Walau sebenarnya belum juga pasti seseorang Sistem Administrator tahu mengenai keperluan usaha yang diemban oleh situs itu. Serta bila toh Sistem Administrator dapat tahu – jadi dia mesti jadi superman – orang yang tahu semuanya dari mulai keperluan usaha sampai tehnis implementasinya.

MS Sharepoint, mengubah pradigma itu dengan mendekatkan sistem pengembangan situs usaha jadi lebih gampang serta bisa dikerjakan oleh pemakai usaha. Ini bisa berlangsung karna di dalam MS Sharepoint sudah ada template-template standard serta beberapa fungsi pembuatan situs, serta bahkan juga dengan “webpart”, bebrapa penampilan standard itu bisa ditata dari antar muka situs yang disiapkan.

Saya sendiri lihat MS Sharepoint jadi frame-work yang 70% telah jadi. Berarti, dengan memakai kekuatan standard yang telah ada, kita bisa secara cepat membuat aplikasi usaha di atas MS Sharepoint. 30% bekasnya yaitu pekerjaan kita untuk lakukan penyesuaian (customization) supaya penampilan/beberapa fungsi standard itu sama persis dengan yang dikehendaki.

Komponen-komponen standard itu diantaranya :
1. Daftar, yang bisa dilihat jadi tabel serta jadi komponen basic dari komponen-komponen yang lain
2. Document Library, adalah pengembangan dari Daftar yang ditambah dengan rekanan ke file-file ; bisa dilihat jadi folder penyimpanan
3. Picture Library, adalah document library yang spesial untuk menaruh file-file gambar

Istilah-istilah beda yang tidak kalah perlunya yaitu WebPart, WSS, serta SPS. WebPart yaitu komponen presentasi di dalam MS Sharepoint yang bisa ditata dengan memakai antar muka situs yang ada. WSS atau Windows Sharepoint Services yaitu service (services) basic MS Sharepoint yang ada jadi sisi dari system operasi MS Windows 2003. SPS atau Sharepoint Portal Server yaitu portal Sharepoint yang dibuat dengan memakai frame-work WSS ; berlainan dengan WSS yang didistribusikan dengan gratis, SPS membutuhkan lisensi sendiri. Dengan sendirinya, bila kita ingin memakai SPS, jadi system operasi yang diperlukan yaitu MS Windows 2003 yang telah diinstall WSS.

WSS memerlukan storage yang berbentuk database MS SQL Server (minimum SQL 2000 dengan SP3). Tetapi, janganlah cemas – WSS dapat juga memakai MSDE atau SQL 2005 Express Edition. Berarti, kita hanya butuh beli MS Windows 2003 serta telah bisa meningkatkan aplikasi di atas Sharepoint.

Saya sendiri lebih merekomendasikan memakai MS SBS (Small Business Solution) – yang disebut bundel OS (Windows 2003) – Database (MS SQL 2000) – WSS – SPS – ISA – Exchange. Bundel ini tambah lebih murah bila dibanding dengan beli dengan terpisah.

Custom First!
Lalu dasar apa yang perlu diingat ketika memakai MS Sharepoint untuk membuat aplikasi usaha? Custom First!
Dengan mengingat maksud paling utama MS Sharepoint di luncurkan, jadi sistem penyesuaian baiknya dikerjakan dengan memakai apa yang telah ada. Kita bisa memakai javascript, CSS, XML, XSLT atau themes dari FrontPage 2003. Bila masih tetap belum juga penuhi hasrat, baru kita berpindah dengan memakai alat bantu pemrograman, seperti Visual Studio dll. Panduan lengkapnya silahkan kunjungi PanduanPraktis.com