Ancaman Oleh AST yang Patut Diduga Dialamatkan Kepada Admin Group Mbay Online di Facebook Bisa Dipidanakan

Pada hakekatnya layanan sosial media (Facebook, Twitter dan lain sebagainya) diperuntukkan bagi para penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya. Namun pada prakteknya terkadang para pengguna mengabaikan aturan-aturan yang tertera pada term of service (ToS) dari situs sosial media tersebut hingga aturan yang tertera pada undang-undang RI nomor 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 27.

Sebagai pengguna Facebook.com dan aktif pada group Mbay Online kami mengamati bahwa disana cukup banyak pengguna yang secara sengaja melanggar berbagai aturan bahkan hingga ada yang menuliskan status ancaman yang patut diduga dialamatkan pada admin Group Mbay Online.

Ancaman dari seseorang dengan inisial AST
Ancaman dari seseorang dengan inisial AST

Mungkin AST yang juga merupakan pengguna Facebook marah terhadap pengguna Facebook lainnya yang dengan sengaja mengkritik kinerja pejabat dikabupaten Nagekeo (EJ) namun dengan bahasa yang tidak santun hingga kemarahan bernada ancamanpun patut diduga dialamatkan kepada admin Group Mbay Online.

Perlu diketahui bahwa jika berpatokan pada undang-undang RI nomor 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 27 maka ancaman yang patut diduga dialamatkan pada admin group Mbay Online tersebut bisa dipidanakan.

Menurut pasal tersebut sedikitnya ada 4 poin yang dilarang selama menggunakan media sosial.

1. Konten yang mengandung melanggar kesusilaan
2. Konten yang memiliki muatan perjudian
3. Konten yang memiliki muatan penghinaan atau pencemaran nama baik
4. Konten yang memiliki muatan pemerasan atau pengancaman

Sejauh ini pihak admin Group Mbay Online belum berniat untuk mengadukan ancaman tersebut yang patut diduga dialamat pada mereka kepada pihak berwajib karena berbagai pertimbangan namun jika masih terus dilakukan maka kemungkinan besar bisa saja akan dilaporkan. Mereka juga menegaskan bahwa tak semua akun yang bergabung dicek satu-persatu apakah akun tersebut asli atau palsu karena berbagai kesibukan begitupun dengan komentar tentu saja tak bisa dicek satu-persatu. Mereka meminta para pengguna untuk melapor apabila ada komentar yang melanggar empat poin diatas dimana pencegahannya adalah pengguna tersebut dikeluarkan dari Group Mbay Online.

Penting untuk diketahui bahwa ketentuan pidana yang akan diterima pelanggar terhadap empat poin diatas, merujuk pada Pasal 45 ayat 1, setiap orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4), akan dipidana dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Kami menghimbau bagi para pengguna Facebook bahwa jika anda ingin mengkritik kinerja pemerintah daerah, gunakan bahasa yang santun agar anda terhindar dari perbuatan pidana yang dapat merugikan anda dikemudian hari dan bagi saudara AST tak perlu mengancam karena kita semua ini NAGEKEO.