Segarnya Udara Gunung Merapi di Telaga Putri

Bicara mengenai Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta kita tidak bisa lepas dari Gunung Merapi. Gunung paling aktif di Indonesia yang menghiasi sisi utara daerah ini merupakan aset yang tak ternilai bagi banyak pihak baik bagi masyarakat maupun bagi pemerintah setempat. Di kawasan lereng Gunung Merapi bisa ditemukan tempat-tempat populer yang menjadi tujuan wisata bagi warga Jogja maupun bagi wisatawan yang datang ke kota pelajar ini. Salah satu objek wisata yang ada di lereng gunung ini adalah Telaga Putri atau biasa disebut Tlogo Putri.

Telaga Putri merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di kawasan Kaliurang. Berada di lereng selatan Merapi dengan ketinggian 900 m dpl, tempat ini merupakan salah satu tempat favorit bagi keluarga Kraton Yogyakarta untuk berlibur dan melepas penat dari rutinitas mereka. Tidak salah memang jika tempat ini menjadi tempat peristirahatan kerena di kawasan ini pengunjung bisa menikmati segarnya dan dinginnya udara pegunungan yang menyejukkan. Selain itu pemandangan di Telaga Putri juga sangat mempesona yang membuat orang akan merasa segar kembali.

Walau bernama Telaga Putri, sesungguhnya tidak ada telaga di kawasan ini. Hanya ada sebuah kolam kecil yang biasa digunakan untuk bermain kano dan sepeda air. Bagi para wisatawan bisa bermain di wahana tersebut. Selain itu wisatawan bisa melakukan kegiatan trekking atau berjalan menyusuri jalan setapak memasuki hutan dan mengunjungi Air Terjun Tlogo Muncar serta Watu Kemloso. Setiap minggunya di Telaga Putri terdapat panggung hiburan. Pertunjukan yang ditampilkan juga bervariasi mulai dari seni tradisional hingga orkes dangdut dipentaskan di sini. Selain itu pengunjung dapat menikmatinya secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Untuk pengemar kuliner, di kawasan ini terdapat banyak warung yang menjajakan aneka kuliner khas Kaliurang seperti jadah tempe, sate kelinci, hingga tongseng kopyong kelinci. Semuanya dapat dinikmati sembari bersantai di kawasan Telaga Putri. Jika ingin berwisata menyusuri sisi erupsi Merapi mengunakan jeep bisa juga datang ke tempat ini karena Telaga Putri merupakan salah satu basecamp operator Volcano Tour Merapi.

Lokasi:

Objek wisata ini berada di Jl. Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar satu jam dari pusat kota Jogja jika mengunakan kendaraan bermotor. Jika Anda datang dengan rombongan besar maka bisa sewa bus pariwisata di Jogja.

Tips Wisata:

  1. Bawa baju yang hangat.
  2. Gunakan alas kaki nyang nyaman.
  3. Cicipi kuliner khas Kaliurang.
  4. Jagalah kebersihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *