Manfaat Kunyit

5 Manfaat Kunyit Sebagai Pengobatan Tradisional

Sejak zaman nenek moyang kita di Indonesia, kunyit sering sekali digunakan sebagai obat tradisional yang dapat menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Kunyit yang juga disebut sebagai kunir adalah sebuah tanaman obat yang berasal dari Asia Tenggara. Tumbuhan ini tergolong ke dalam kelompok temu-temuan (temulawak) atau jahe-jahean.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa manfaat kunyit yang dipercaya sebagai pengobatan tradisional di Indonesia sejak zama nenek moyang dulu.

Di banyak ditempat di Indonesia, kunyit juga dikenal dengan nama lain seperti kunir, koneng, konyet, dan kurkuma.

5 Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit

  • Anti Peradangan

Kulit mempunyai senyawa anti peradangan yang kuat. Bahkan sebuah penelitian di Amerika Serikat mengatakan bahwa 1 gram bubuk kunyit halus dapat menyembuhkan masalah pencernaan yang dimiliki oleh orang-orang.

Mereka juga mengatakan bahwa dari 100 orang yang diuji, mereka memiliki kasus peradangan pencernaan yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

  • Mengurangi Rasa Mual

Benar sekali bahwa rasa mual sering disebabkan stress, dehidrasi, atau infeksi pada bagian lambung.

Mual yang dirasakan sering kali terjadi karena masalah pencernaan. Oleh karena itu kunyit yang mempunyai kandungan phytochemical dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh serta menghilangkan masalah pencernaan yang dialami.

  • Obat Diare

Yak, diare juga termasuk ke dalam salah satu penyakit yang terjadi karena pencernaan bermasalah.

Salah makan obat, keracunan makanan, laergi, dan virus, dapat menyebabkan penyakit diare.

Ramuan herbal yang diolah menggunakan kunyit dapat menyembuhkan penyakit diare Anda secara alami.

Ha ini dikarenakan kandungan kalium dan magnesium pada kuniryang dapat meningkatkan cairan tubuh yang hilang serta melawan dehidrasi.

  • Mengurangi Asam Lambung

Pada sebuah jurnal ternama, dituliskan bahwa satu sendok kunyit terbukti melancarkan pencernaan dan mengurangi jumlah asam lambung yang terdapat dalam tubuh.

Hal ini terjadi karena kunir mempunyai senyawa yang bermanfaat untuk melapisi dinding lambung dan meningkatkan produksi lendir yang dapat melindungi lambung.

  • Mencegah Kanker

Seperti yang diketahui orang-orang bahwa kanker adalah penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. Tetapi penyakit ini dapat dicegah!

Kunyit dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh yang dapat melawan radikal bebas penyebab terjadinya penyakit kanker.

Itulah tadi tulisan saya untuk khasiat manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *