Jual Kambing Qurban 2017: Simak 4 Tips Memilih Kambing Qurban yang Sesuai dengan Syarat Sah Berqurban

Memasuki masa Idul Adha maka biasanya akan dijumpai banyak tempat jual kambing qurban 2017 maupun jenis hewan qurban lainnya. Ya, mendekati Idul Adha memang sudah semakin banyak umat muslim yang mulai memilih hewan qurban terbaiknya. Ketika memilih kambing maka dijamin akan mencari penjual kambing qurban terbaik. Tentunya lebih cocok berkunjung ke penjual qurban musiman sebab akan menyeleksi kambing jualannya agar sesuai untuk kebutuhan berqurban. Mengingat tidak semua kambing akan sah atau memang baik untuk dijadikan qurban.

 

Tips Memilih Kambing untuk Berqurban

 

Kambing memang sering dijadikan pilihan umat muslim untuk berkurban karena memang lebih terjangkau sehingga memudahkan proses berqurban ini. Supaya kambing yang diqurbankan sah maka pilih secara teliti dan simak beberapa tipsnya di bawah ini:

 

  • Merupakan kambing yang sehat dan tidak cacat,

Kambing qurban memang diwajibkan dalam kondisi yang sempurna, wajib sekali dalam kondisi sehat dan tidak cacat. Maka perlu dicek dulu apakah kambing dalam kondisi sakit atau sebaliknya supaya tidak tertipu. Kemudian pastikan tidak memiliki cacat sehingga sudah sah dijadikan hewan qurban.

 

  • Kambing yang dibeli adalah milik yang sah,

Kalau Anda berencana menunaikan ibadah qurban dengan kambing maka pastikan kambing tersebut adalah milik yang sah. Anda membelinya sesuai dengan aturan jual beli sehingga tidak menyakiti pedagang kambing qurban. Kemudian pastikan dibeli dengan tangan dan kerja keras sendiri, bukan dengan cara merampas, berhutang, rezeki untuk membelinya harus halal, dan tentunya bebas dari riba. Maka jangan kredit kambing qurban apalagi jika ada riba di dalamnya, sebab qurban Anda tentu tidak bisa dikatakan sah.

 

  • Tidak dianjurkan untuk dibeli secara patungan,

Kambing memiliki harga yang terbilang paling murah untuk ukuran hewan qurban dibandingkan dengan jenis lainnya, sebut saja sapi atau mungkin kerbau. Tentu sangat disayangkan apabila kambing qurban ini dibeli secara patungan. Terlebih orang Arab sendiri satu ekor kambing hanya cukup untuk lima orang saja, maka lebih dianjurkan dan memang sahnya kambing dibeli sendiri bukan patungan. Kecuali jika memang ingin qurban sapi maka bisa patungan, namun lebih diutamakan berqurban kambing seekor ketimbang sapi kolektif.

 

  • Usia kambing sudah cukup untuk diqurbankan,

Kambing yang hendak diqurbankan memang memiliki usia yang terbatas, tidak muda namun juga tidak boleh kambing tua. Idealnya kambing sudah melewati usia satu tahun dan memasuki usia 2 tahun sehingga memiliki usia yang pas dijadikan qurban. Kadang kala orang suka bingung mengetahui usia kambing yang sebenarnya, maka perlu mencari tahu dulu. Bisa dilihat dari kondisi gigi, apakah masih gigi susu (kecil-kecil dan berwarna putih) atau sudah gigi tetap. Kemudian perawakan badan kambing tua tidak sebugar kambing muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *