bisnis travel wisata

Membuka Bisnis Travel Wisata di Rumah

 

Membuka bisnis travel wisata di rumah secara kecil kecilan sekarang bukan barang yang tidak mungkin dilakukan lagi. Jika dulu anda membutuhkan aset nyata dalam bentuk kendaraan dalam jumlah besar, atau kantor pemasaran. Sekarang, hanya dengan modal laptop, handphone dan koneksi internet anda sudah bisa membuka bisnis travel wisata sendiri.

Salah satu jenis usaha yang memiliki peluang besar dilakukan di dunia online kini adalah penyediaan jasa. Berbagai macam penjual jasa bertebaran di Internet, dan salah satunya adalah agen penjualan paket wisata. Paket wisata memiliki pangsa pasar yang cukup luas dan tidak mengenal musim sepi, asal anda pandai memanfaatkan peluang.

Kali ini kita akan mengupas mengenai bisnis travel wisata yang bisa anda jalankan dari rumah. Cocok untuk anda yang ingin memulai bisnis kecil kecilan, dan bisa dijadikan sampingan. Namun, sebelumnya pastikan anda mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

  1. PC / Laptop

Perangkat komputer atau laptop setidaknya wajib ada untuk menyimpan data penjualan, atau harga tiket. Selain itu untuk menciptakan brosur brosur dalam bentuk digital demi menunjang penjualan anda. Perangkat komputer baiknya dibekali dengan kemampuan untuk mengakses internet.

  1. Internet

Internet merupakan kewajiban dalam menjalankan bisnis yang satu ini. Mengingat anda akan memulai dengan memasarkannya secara online. Para pedagang tiket murah yang bisa anda resell pun bertebaran disini, anda cukup mecarinya secara manual dan memilihnya. Internet juga nantinya berguna untuk anda ketika membangun sebuah website atau blog sebagai media penjualan anda.

  1. Handphone

Handphone atau smartphone digunakan untuk berinteraksi dengan customer atau pelanggan. Ada baiknya anda menggunakan smartphone yang sudah terinstall BBM / Whatsapp untuk menjangkau lebih banyak pengguna. Mengingat sebagian besar orang kini lebih memilih menggunakan media media tersebut.

Media Promosi Bisnis Travel Wisata

Kemudian setelah anda mempersiapkan tiga hal diatas, selanjutnya adalah menentukan lokasi yang ingin anda jadikan sebagai paket unggulan. Paket unggulan tentunya akan lebih mudah jika dipilih berdasarkan lokasi terdekat dengan tempat tinggal anda. Destinasi wisata unggulan inipun ada baiknya dilengkapi dengan paket paket promosi wisata yang menarik.

Paket paket promosi wisata ini kemudian nantinya yang menjadi senjata utama anda untuk mencari calon pelanggan. Anda bisa membuat media promosi seperti brosur, gambar digital, infografis dll untuk dipasarkan melalui media social. Selain itu bisa juga untuk mendapatkan pelanggan lama yang ingin berkunjung kembali karena factor promo tersebut.

Beberapa media yang bisa digunakan untuk menjalankan promosi bisnis travel wisata anda antara lain adalah;

  1. Facebook

Dengan menggunakan fitur facebook ads, anda bisa meraih konsumen konsumen baru untuk travel wisata. Ada kalanya dengan menampilkan gambar gambar daerah wisata disertai dengan promosi yang menarik akan mendorong pembelian dari sini. Biayanya pun cukup murah, hanya sepuluh ribu perhari.

  1. Google Ads

Google ads ini merupakan teknik selanjutnya, namun pastikan anda sudah memiliki sebuah website pendukung. Nantinya website ini akan digunakan sebagai landing page dari iklan anda di Google. Berbeda dengan Facebook ads yang menyasar demografi pengguna, Google ads ini lebih mengedepankan pada hasil pencarian. Jadi harga yang ditawarkan pun berbeda beda tergantung pada “harga” keyword yang ingin anda tembak. Pastikan anda menyiapkan keyword panjang agar harganya lebih murah, misalnya: “harga travel wisata ke Lombok murah”.

Dari penjelasan singkat diatas yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memulainya! 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *