Contoh Teks Eksposisi Secara Umum

Contoh Teks Eksposisi Secara Umum – Teks eksposisi umumnya dijumpai pada pembelajaran bahasa indonesia di tingkat sekolah hingga perguruan tinggi. Penggunaan teks eksposisi bertujuan untuk memaparkan atau mengekspose sebuah peristiwa kejadian bahkan suatu objek berdasarkan sudut pandang tertentu. Menceritakan objek tersebut secara informatif, singkat dan padat. Teks eksposisi sendiri dapat digolongkan kedalam salah satu teks bahasa indonesia selain teks deskripsi, teks narasi, teks anekdot dan teks teks lainnya.

Contoh teks eksposisi singkat pada dasarnya dapat anda temukan dalam berbagai media cetak dan elektronik seperti koran, mejalah, hingga televisi. Penggunaan teks eksposisi untuk menyampaikan informasi dalam koran dan majalah dirasa sangat efektif karena teks eksposisi dapat menceritakan sekaligus memberi informasi tentang kehidupan seseorang berdasarkan sudut pandang penulis. Untuk dapat menulis teks eksposisi diperlukan pemahaman yang lebih dan tidak hanya sekedar menulis ulasan semata.

Teks eksposisi memiliki beberapa kriteria khusus yakni gaya bahasa, cara penyampaian, dan kaidah kebahasaan. Gaya bahasa yang digunakan dalam teks eksposisi terkesan memaparkan atau memberi informasi secara detil terperinci kepada para pembacanya. Kaidah kebahasaan yang terdapat dalam teks eksposisi juga harus sesuai dan mengandung unsur unsur 5W ditambah 1H yakni sekumpulan pertanyaan apa siapa mengapa dimana kapan dan bagaimana yang nantinya jika disatukan akan membentuk informasi yang lengkap.

Untuk penggunaan teks eksposisi sendiri pada dasarnya tidak hanya digunakan untuk mengekspose kehidupan seseorang saja namun juga dapat digunakan untuk memberikan informasi seperti berita. Namun dalam menyampaikan sejumlah informasi menggunakan teks eksposisi, kita diharuskan mencantumkan sumber dari mana kita mendapatkan informasi tersebut. Sumber informasi inilah yang nantinya berfungsi memberikan otoritas dan kepercayaan pada pendengarnya. Itulah materi tentang teks eksposisi yang dapat saya sampaikan pada materi kali ini sekian dan terimakasih.
Teks eksposisi adalah satu dari sekian jenis teks dalam bahasa indonesia. Para ahli sepakat bahwa pengertian teks eksposisi adalah teks yang memiliki tujuan untuk memaparkan kejadian, peristiwa dan suatu objek secara terperinci dan sedetil mungkin. Penyampaian teks eksposisi dilakukan secara jelas agar pembacanya dapat mendapatkan informasi dengan jelas. Dalam penggunaanya teks eksposisi sering disalah artikan sebagai teks deskripsi, padahal antara teks eksposisi dan teks deskripsi sangat jauh berbeda. Perbedaan pada teks eksposisi adalah informasi yang disampaikan secara menyeluruh berdasarkan perspektif si penulis itu sendiri.

Pada dasarnya kita dapat menemukan contoh teks eksposisi singkat dengan sangat mudah. Contoh tersebut dapat kita temukan dalam pembelajaran semasa di sekolah maupun dalam aktivitas sehari-hari. Berita dan informasi enterainmen umumnya menggunakan teks ekposisi untuk menyampaikan informasi pada pendengarnya. Penggunaan teks eksposisi dirasa sangat cocok untuk memaparkan sebuah peristiwa dalam berita, dan bagaimana kehidupan seorang artis dalam infotaiment. Meskipun demikian dalam menyusun sebuah teks eksposisi tidaklah semudah kedengarannya.

Untuk menyusun teks eksposisi diperlukan beberapa faktor, sebuah teks dapat dikatakan teks eksposisi apabila memiliki tujuan untuk memaparkan atau memberi informasi tentang suatu hal dengan bahasa yang baku berdasarkan kaidah kebahasaan. Penyampaian teks eksposisi umumnya juga dalam bentuk informasi yang singkat, padat, dan jelas.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Banjir merupakan sebuah bencana alam yang terjadi pada musim penghujan, Banjir disebabkan oleh berbagai faktor seperti kesalahan manusia yang lalai dalam merawat alam dan lingkungan dengan membuang sampah semabarangan ke sungai. Selai dari faktor manusia, Banjir dapat disebabkan karena hujan yang terus menerus sehingga menyeebabkan debit air meningkat, dan meluapnya air sungai hingga ke pemukiman penduduk. Jakarta merupakan salah satu kota langganan banjir paling parah setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan saluran pembuangan jakarta tidak terlalu efektif dan pertumbuhan penduduk di jakarta terus meningkat. Disamping itu banyak yang berpendapat bahwa warga jakarta umumnya membuang sampah pada sungai sehingga menyebabkan pendangkalan sungai dan matinya fungsi sungai sebagai saluran air utama.