Contoh Invoice

Invoice atau biasa di sebut dengan faktur atau dengan kata lain sebagai Tagihan pembayaran atas pemesanan barang ataupun jasa. Invoice memiliki perbedaan dengan struk belanja, lalu apakah perbedaanya? Invoice akan di berikan oleh para penjual sebelum barang/jasanya di berikan kepada customer, sedangkan struk belanja akan di berikan oleh para penjual kepada para pembeli setelah melakukan transaksi jual beli barang. Jadi perbedaan struk dan invoice memiliki perbedaan sudah sangat jelas ya.

Invoice merupakan surat tagihan yang di alamatkan bagi pelanggan kita yang mana memiliki isi di antaranya identitas penagih, nomor invoice, dan nomor surat pemesanan, daftar barang, total pajak. Invoice sangat penting di gunakan, bagi setiap perusahaan tentunya memiliki format invoice yang tak sama. Invoice sangat berguna karena memiliki fungsi sebagai surat tagihan pembayaran untuk para pelanggan yang melakukan transaksi.

Berikut kami sampaikan beberapa contoh invoice yang memiliki bentuk sederhana sehingga sangat mudah untuk di pahami. Invoice tersedia dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Contoh invoice doc dengan menggunakan microsoft word dan Invoice dengan menggunakan Excel yang sangat simpel dan mudah di pahami. Dalam beberapa instansi, format invoice yang sering di terapkan tentunya berbeda-beda satu dengan yang lain karena dasar dari invoice adalah memberi informasi rincian tagihan pembayaran kepada para pelanggan yang harus mereka bayarkan.

Contoh Invoice

Contoh Invoice

Contoh Invoice Sederhana

Invoice memang memiliki banyak keragaman, dari isi maupun desainnya. Format yang di gunakan dalam membuat invoice pun berbeda-beda tergantung pada karakter penyerahan barang yang di lakukan. Berikut kami sampaikan beberapa contoh invoice sederhana bagi anda.

  • Contoh Invoice Penjualan Barang
    Invoice penjualan barang ini sangatlah simpel, biasanya invoice seperti ini di desain untuk usaha skala kecil. Pada invoice penjualan barang ini terdapat kolom pajak serta surat jalan dalam penagihannya.
  • Contoh Invoice dengan sistem tagihan per satuan waktu
    Invoice ini sangat mudah dan sederhana, akan tetapi dapat memudahkan anda saat penagihan per satuan jam.
  • Contoh invoice pro forma
    Invoice ini berguna untuk memberikan informasi atas rincian jasa atau barang lengkap dengan harga sebelum ada ikatan jual beli.
  • Tracker invoice
    Invoice Tracker ini berguna memantau perkembangan penagihan anda.
  • Invoice sederhana
    Sesuai dengan namanya, invoice yang satu ini memang sangatlah simpel dan sederhana sehingga terkesan minimalis.

Selain beberapa contoh Invoice di atas, sebaiknya kita juga mengetahui beberapa hal yang seharusnya ada dalam sebuah invoice. Meskipun di mata hukum tak ada desain khusus yang baku untuk membuat sebuah invoice karena itu setiap badan usaha dapat membuat invoice yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Berikut beberapa hal yang harus ada dalam sebuah Invoice.

hal yang harus ada dalam sebuah Invoice

hal yang harus ada dalam sebuah Invoice

  • Judul surat yang bertuliskan Invoice
    Di dalam surat invoice wajib di sertakan Kata Invoice di dalamnya. Apabila invoice di kirim melalui email, maka wajib di tuliskan pada judul email tersebut.
  • Nama penagih
    Untuk invoice bukan dari perusaahan atau dalam artian perorangan maka dapat di tuliskan nama lengkap orang yang bertanggung jawab atas barang yang di pesan
  • Alamat lengkap penagih
    Penting untuk menyertakan alamat si penagih seperti halnya saat kita mengeposkan sebuah surat.
  • Tanggal penagihan
    Tanggal penagihan harus di sertakan dan di hitung sejak invoice tersebut di kirim oleh penyedia barang.
  • Nomor invoice
    Nomor invoce wajib di sertakan karena merupakan sebuah pembeda dari setiap invoice yang telah di kirimkan
  • Daftar barang lengkap beserta harga barang yang di pesan
    Hal ini dapat memudahkan anda dalam menrinci ulang barang yang sudah anda jual

Demikianlah informasi Contoh Invoice semoga bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply