Bunga Air Mancur

Bunga air mancur adalah salah satu  dari jenis bunga yang tumbuh mengarah k ats kemudian menjuntai kebawah seperti layaknya air mancur yang sering kita jumpai  di depan bangunan gedung itu. Bunga air mancur dalam bahasa inggris dikenal dengan nama fountain plant ataupun coral plant. Tanaman ini pun  juga sering disebut  sebagai suatu tanaman petasan . bunga air mancur berasal dari  Negara meksiko.

Tumbuhan ini memiliki cabang yang lumayan  banyak dengan daun  yang mirip seperti asparagus. Batang berwarna hijau tua dan bunga yang berwarna merah terang berbentuk tubular. Panjang rata-rata bunga adalah sekitar  1,25 inchi. Bunga ini mekar sepanjang  dari mulai musim semi hingga musim dingin tiba . Tumbuhan ini identik dengan jenis yang bernama latin  R.juncea. nama genus yang tersemat pada tanaman ini berasal dari nama penemunya sendiri  yaitu Alexander Russell. Bunga ini dapat diperbanyak dengan umbi, Jasa Taman.

Tanaman air mancur sering ditanam di keranjang  di rumah dan diletakkan secara menggantung di atas . Tanaman air mancur biasanya  sangat cepat tumbuh dan mudah merawatnya. Tanaman ini mempunyai cabang yang  banyak dan ramping. Cabangnya sangat  kurus dan saat awal pertumbuhan tumbuh tegak tetapi semakin panjang cabangny akan tumbuh  semakin turun menjuntai dengan panjang dapat mencapai 1,2 meter ataupun lebih .

Klasifikasi bunga air mancur :

Kingdom : plantae ( tumbuhan )
Subkingdom : tracheobionta ( tumbuhan berpembuluh )
Super divisi : spermatophyte ( menghasilkan biji )
Divisi : magnoliophyta ( tumbuhan berbunga )
Kelas : magnoliopsida ( berkeping dua atau dikotil )
Sub kelas : asteridae
Ordo : scrophulariales
Family : scrophulariaceae
Genus : russelia
Spesies : russelia equisetiformis schltdl & cham

Manfaat dan khhasiat bunga air mancur :

Sebagai obat penurun panas, daun dan bunganya mengandung saponin dan polifenol disamping itu juga daunnya mengandung flavonoida.

Demikianlah penjelasan tentang bunga air mancur dan khasiatnya semoga dapat menambah pengetahuan anda.