Beberapa Makanan Penurun Kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol – Kesehatan dalam tubuh memang sangat penting untuk dijaga, dengan menjaga kesehatan tubuh tentu saja merupakan salah satu upaya yang baik agar nantinya kesehatan organ tubuh dan juga resiko terhindar dari penyakit yang berbahaya bisa terminimalisir. Salah satunya adalah karena kolesterol. Kolesterol merupakan salah satu senyawa kompleks yang alami dihasilkan oleh tubuh. Namun, dengan kadar kolesterol jahat yang dominan, secara otomatis, akan menggerus kadar kolesterol baik dalam tubuh anda.

Hal ini akan memicu terjadinya resiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi. Maka dari itu perlu menjaga dengan mengkonsumsi “makanan penurun kolesterol”, agar kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi makanan ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, merupakan salah satu upaya yang maksimal untuk membantu menurunkan resiko akan terkena penyakit yang berbahaya. Salah satunya adalah melalui makanan. Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, seperti yang akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Beberapa Makanan Penurun Kolesterol

Beras Merah

Yang pertama adalah beras merah. Beras yang kaya akan kandungan serat ini, juga merupakan salah satu bahan maknan yang baik untuk menurunkan lemak darah, dengan kandungan vitamin B, selenium, dan juga magnesium, serta fitonutrien yang tentu saja merupakan salah satu senyawa yang baik untuk mengikis kadar kolesterol jahat yang tinggi, serta merupakan salah satu bahan makanan yang berfungsi menurunkan gula darah pula.

Beras Merah sebagai makanan penurun kolesterol

Gandum

Selain itu, gandum yang juga merupakan sumber karbohidrat juga merupakan salah satu bahan alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda. Kandungan bahan alami yang bergizi dalam gandum ini, sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga trigliserida darah.

Bayam

Jenis sayuran yang satu ini, kaya akan kandungan lutein yang tentu saja sangat berperan penting terhadap kesehatan mata anda. Selain itu, bayam memiliki kandungan serat yang tinggi, selain baik untuk kebutuhan serat anda, juga merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk melindungi organ jantung anda dari lemak yang ada pada pembuluh darah anda, yang menyebabkan munculnya penyakit kardiovaskular.

Kedelai

Bahan makanan berjenis kacang – kacangan yang satu ini, juga merupakan salah satu yang merupakan makanan penurun kolesterol jahat yang ampuh. Isovlavin dalam kedelai ini, tentu saja menjadi pembatas akan kolesterol jahat untuk berkembang. Anda bisa memasak makanan berbahan dasar kedelai dengan minyak zaitun, agar nantinya bisa semakin memaksimalkan kandungan alaminya untuk membantu mengikis kadar kolesterol.

Bawang putih

Selain itu, bumbu dapur yang satu ini juga merupakan salah satu bahan makanan yang baik untuk kesehatan jantung anda. Selain itu, bawang putih juga merupakan bahan makana dengan kandungan yang positif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda, dan tentu saja bisa dicampur dengan salad buah atau sayur, atau sebagai rempah dalam menu makanan.

Demikian beberapa jenis bahan makanan, yang memiliki kadar gizi dan kandungan nutrisi yang baik untuk membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah anda. Semoga bermanfaat sebagai tambahan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Baca juga : Kiat Untuk Mencerahkan Bibir Gelap